Jumat, 30 Maret 2012

manfaat daun sirsak

Manfaat daun sirsak

Sirsak, (Annona Muricata Linn) merupakan kerabat dekat srikaya (Anona squamosa Linn). Tanaman sirsak berasal dari daerah tropis Amerika, yaitu sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina. Di tempat asalnya, sirsak merupakan buah penting dan bergengsi. Sirsak sangat populer karena aromanya yang tajam serta memiliki sensasi rasa yang manis keasaman. Buah ini bisa kita dapatkan dengan mudah dipasaran, baik pasar tradisional maupun pasar modern seperti supermarket.
Buah sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena di dalamnya mengandung zat-zat yang dapat yang mampu menangkal beragam penyakit, seperti menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa membuat awet muda. Manfaat lainnya, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan.
Tak hanya buahnya, daun sirsak juga dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan mungkin sudah tidak asing lagi. Hal ini seiring dengan banyaknya bermunculan beragam produk kesehatan herbal yang terbuat dari daun sirsak. Beberapa macam manfaat daun sirsak untuk kesehatan diantaranya : mengobati kanker, tumor, dll.
Dokter sekaligus herbalis dr. Paulus Wahyudi Halim menyatakan pendapatnya di majalah Trubus sehubungan dengan pengobatan kanker, “Tak ada peluru ajaib untuk menembak kanker. Tanaman obat harus campuran sehingga sinergis dan hasilnya maksimal. Sinergisme juga menetralisir efek samping.”
Daun sirsak ini sifatnya seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi karena daun sirsak bermanfaat hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal. Sedangkan kemoterapi masih ada efek membunuh juga sebagian sel-sel yang normal.
Selain dari daun sirsak buah manggis terutama kulitnya memiliki sifak antikanker yaitu karena kandungan zat xanthone di dalamnya mampu melawah sel kanker hingga hancur yang disebut sebagai proses apoptosis.
Bila dikaji secara mendalam keanekaragaman tumbuhan terutama yang tumbuh di daerah tropis seperti indonesia banyak sekali manfaatnya bahkan banyak sekali di gunakan untuk menjadi modal bisnis seperti pembuatan produk minuman maupun makanan kesehatan sebagai pengobatan herbal.

2 komentar:

  1. terima kasih atas infonya,, sukses kenal.. jgan kunjugan balik

    http://ichalrakot.blogspot.com/2013/09/obat-herbal-penyakit-kanker.html

    BalasHapus
  2. Thanks ya atas infonya gan,
    kunjungi juga ya, :)
    wordpress
    http://goo.gl/4bZMKW
    blog
    http://goo.gl/ZPr9Fx

    Terimah kasih, salam kenal ^_^

    BalasHapus